Cara Keluar dari Spam di Gmail
Bagaimana Cara Mengetahui Jika Email Masuk ke Spam di Gmail?
Jika email Anda masuk ke spam di Gmail, pesan tersebut tidak akan sampai ke kotak masuk penerima. Layanan email Gmail akan sepenuhnya menyaringnya, sehingga penerima tidak dapat menemukan email tersebut di folder «Inbox», «Promotions», atau bahkan «Spam». Dalam statistik pengiriman, Anda akan melihat banyak kesalahan dalam email yang dikirim ke alamat @gmail.com.
Catatan: Jika Anda melihat banyak kesalahan dalam statistik pengiriman, ini bisa menjadi tanda bahwa email Anda masuk ke spam.
Dalam hal ini, Anda perlu menghubungi dukungan teknis Gmail dengan mengisi formulir umpan balik. Lampirkan header teknis email dalam aplikasi tersebut. Cara mengunduhnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.
Catatan:Pastikan semua informasi teknis disertakan untuk memudahkan proses peninjauan oleh tim dukungan Gmail.
1. Pergilah ke inbox/kotak masuk Gmail Anda.
2. Pilih email yang Anda terima dari domain Anda.
3. Klik titik tiga pada kanan atas (seperti gambar)
4. Pilih «show original»
Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman berikut:
5. Selain file dengan header teknis, Anda juga perlu mencantumkan Message-ID secara individual.
Teks kesalahan yang dikembalikan oleh Gmail mungkin terlihat seperti ini:
— non-local sender verification failed
atau seperti ini:
— This message does not have authentication information or fails to pass authentication checks. The message has been blocked to protect our users from spam."
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi [tautan ini](https://support.google.com/mail/answer/81126#authentication).
Pesan-pesan ini menunjukkan bahwa email Anda gagal dalam verifikasi atau pemeriksaan otentikasi yang diperlukan.
Ini menunjukkan bahwa domain dan pengaturan email Anda tidak lulus pemeriksaan otomatis oleh Gmail. Anda perlu memastikan bahwa domain dan email sudah dikonfigurasi dengan benar, dengan perhatian khusus pada catatan SPF dan DKIM. Setelah semua pengaturan selesai, mulailah mengirim email secara hati-hati dan secara bertahap untuk menghindari masuk ke daftar hitam Gmail, yang sangat sulit untuk diatasi.
Pastikan semua pengaturan sesuai agar tidak ada masalah saat mengirim email ke Gmail.
Contoh lain dari kesalahan:
— IP [...] Our system has detected an unusual rate of unsolicited mail originating from your IP address. Email sent from your IP address has been temporarily rate-limited to protect our users from spam.
Kesalahan ini muncul jika Google mendeteksi bahwa sejumlah besar email mencurigakan (spam) dikirim dari alamat IP pengirim. Dalam kasus ini, Google membatasi sementara jumlah email yang diterima.
Apa yang harus dilakukan jika email masuk ke folder Spam?
Jika email dikirim ke pengguna @gmail.com tetapi masuk ke folder «Spam,» kemungkinan beberapa elemen email memicu filter spam. Periksa header layanan untuk memastikan nilai SPF, DKIM, dan DMARC sudah benar. Setelah analisis, Anda dapat menghubungi dukungan teknis Gmail untuk meminta penyesuaian filter.
Saat mengirim email ke Gmail, penting untuk mengikutirekomendasi layanan bagi pengirim. Ini termasuk memastikan konfigurasi domain dan mengikuti praktik terbaik untuk menghindari masuk ke folder spam.
Kami juga merekomendasikan artikel mendetail yang membahas faktor-faktor yang memengaruhitingkat pengiriman email. Artikel ini akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang cara meningkatkan kemungkinan email Anda diterima dengan baik oleh penerima.
Download our app
Available in
Available in
Kami menggunakan teknologi cookies di situs web kami untuk mempersonalisasi konten dan iklan, menyediakan fitur media, dan menganalisis traffic kami. Dengan menggunakan situs web GetCourse, Anda setuju dengan Kebijakan Privasi kami, Kebijakan Cookie
silakan masuk