Manfaat Blog untuk Marketing
Rizqi Isnurhadi
Contributing Writer
| Rizqi Isnurhadi Contributing Writer |
Di era digital sekarang ini, bisnis semakin kompetitif dalam memanfaatkan internet untuk memasarkan brand atau produknya demi menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan lebih dari 4 milyar orang di dunia yang menggunakan internet, tidak heran banyak bisnis yang melimpahkan sumber daya mereka untuk membangun blog yang efektif.
Melalui blog marketing, bisnis dapat menjelaskan mengenai bisnis mereka dan produk yang ingin dipasarkan secara mendetail. Selain dapat memasarkan produk bisnis dan memperoleh traffic website yang dapat meningkatkan awareness brand, blog marketing dapat juga membangun relasi dan kepercayaan dengan target audiens.
Artikel ini akan mengupas lebih dalam mengenai pengertian dari blog marketing, apa saja manfaat blog untuk marketing bisnis, cara untuk membangun blog marketing yang efektif, dan tantangan dari pembuatan dan pengelolaan blog serta solusi untuk menghadapinya.
Apa yang Dimaksud dengan Blog Marketing?
Sebuah blog adalah suatu jenis situs web dimana seseorang atau sekelompok orang mempublikasikan tulisan atau konten online secara kronologis. Blog secara umum dapat memiliki berbagai macam jenis konten, termasuk artikel, ulasan, opini, dan lain-lain.
Maka, blog marketing dapat diartikan sebagai sebuah strategi pemasaran digital dimana perusahaan atau individu menggunakan blog untuk mempromosikan produk, layanan, merk, atau konten mereka kepada target audiens. Blog marketing melibatkan pembuatan dan publikasi konten informatif, relevan, dan bermanfaat di blog sebagai cara untuk menarik dan mempertahankan perhatian pembaca.
Tujuan dan Manfaat Blog untuk Marketing
Ada berbagai alasan mengapa banyak bisnis menggunakan blog sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis mereka.
Berikut adalah beberapa manfaat blog sebagai strategi marketing bisnis:
1. Memperoleh Traffic ke Website
2. Membangun Reputasi dan Kepercayaan Audiens
3. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan
Blog memungkinkan interaksi dua arah dengan pelanggan. Pelanggan dapat mengomentari konten yang diterbitkan, memberikan umpan balik, dan mengajukan pertanyaan. Hal ini menciptakan peluang untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, dan menciptakan relasi yang lebih dekat dengan pelanggan.
4. Meningkatkan Konversi dari Traffic ke Leads
Untuk meningkatkan konversi dari traffic ke leads, konten-konten yang diterbitkan dapat menggunakan tombol call-to-action yang mengarahkan audiens ke form dimana mereka dapat mengisi informasi mereka untuk mendapatkan penawaran atau promosi tertentu. Hal ini akan membantu bisnis untuk lebih mudah menjangkau leads dan menginfokan mengenai penawaran di masa depan.
5. Hasil Jangka Panjang dan Tidak Terbatas
Setiap konten yang diterbitkan di blog, akan tersimpan tanpa batas jangka waktu. Konten yang tersimpan ini akan terus-menerus memperoleh views dan leads baru sehingga investasi konten blog termasuk investasi jangka panjang. Konten-konten yang diterbitkan di blog pun dapat membantu leads untuk memahami lebih dalam mengenai bisnis dan produk yang ditawarkan sehingga dapat membantu mereka untuk maju ke jenjang penjualan berikutnya di masa depan.
Cara Membangun Blog Marketing yang Efektif
Membangun suatu blog sebagai strategi pemasaran tentunya berbeda dengan blog untuk penggunaan pribadi. Tata cara yang digunakan pun berbeda. Agar objektif marketing atau pemasaran tercapai, ada pun langkah-langkah berikut yang perlu diperhatikan bagi bisnis yang ingin memulai blog sebagai strategi pemasaran mereka:
1. Memilih Platform Blog yang Tepat
Platform blog saat ini sudah banyak tersedia, seperti WordPress, Blogger, dan Wix. Pemilihan platform tergantung dari preferensi pengguna, seperti seberapa fleksibel dan seberapa banyak pilihan kustomisasi yang tersedia pada platform.
2. Tentukan Tujuan dan Arah Blog yang Sesuai dengan Bisnis
Perencanaan yang matang dibutuhkan sebelum membangun sebuah blog. Perlu diketahui tujuan pembuatan blog dan apa yang menjadi prioritas. Apakah untuk memperoleh leads, meningkatkan awareness akan bisnis, atau menyediakan konten yang bermanfaat untuk audiens? Selain itu, perlu juga mengidentifikasi target audiens dan apa yang mereka butuhkan.
3. Memilih Nama Domain dan Web Hosting yang Tepat
Nama domain merupakan nama yang akan menjadi bagian dari identitas blog. Nama domain sebaiknya unik dan mudah diingat. Sedangkan web hosting berguna untuk membuat blog dapat diakses di internet sehingga memilih web hosting yang dapat diandalkan penting bagi performa blog.
4. Mendesain Blog
Desain blog sebaiknya sesuai dengan brand bisnis. Hal ini meliputi warna, font, hingga seni grafis yang ditampilkan. Blog juga sebaiknya memiliki desain yang jelas dan mudah ditelusuri oleh audiens.
5. Menerbitkan Konten Blog
Konten merupakan inti dari sebuah blog. Konten yang diterbitkan di blog harus bermanfaat, informatif, dan relevan dengan target audiens. Konten ini dapat berupa artikel, panduan, tutorial, atau ulasan produk. Untuk menerbitkan konten yang berkualitas, topik dan waktu penerbitan konten juga perlu direncanakan. Kata kunci yang relevan dengan target audiens perlu diperhatikan sesuai dengan topik konten.
6. Mengoptimasi Blog untuk Search Engine
Blog marketing seringkali melibatkan optimasi konten untuk search engine, seperti Google. Hal ini termasuk penggunaan kata kunci yang relevan dan tautan internal dan eksternal. Pemanfaatan SEO ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas blog di hasil pencarian.
7. Mempromosikan Blog
Bagikan konten blog di media sosial, email newsletters, serta channel marketing lainnya untuk jangkauan audiens yang lebih luas. Feedback atau komentar yang didapatkan mengenai konten juga perlu diperhatikan untuk mempertahankan relasi dengan audiens. Selain itu, guest posting juga merupakan salah satu strategi opsional yang dapat digunakan untuk mempromosikan blog.
8. Pengukuran dan Analisis
Melacak kinerja blog marketing diperlukan untuk mengembangkan kualitas blog. Hal ini melibatkan penggunaan alat analitik web untuk mengukur traffic yang masuk ke website, tingkat konversi, dan metrik lainnya untuk menilai efektivitas dari suatu kampanye.
Kesimpulan
Blog merupakan alat yang efektif dan strategis untuk memasarkan bisnis anda. Blog dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis secara online, menjangkau audiens yang banyak dan luas, membangun reputasi dan kepercayaan, dan memperkuat relasi dengan pelanggan. Dengan penerapan strategi yang tepat, blog marketing dapat membantu bisnis anda tumbuh dan berkembang.
Untuk mengoptimasi blog anda secara efektif, gunakan GetCourse. GetCourse dilengkapi dengan fitur-fitur Content Management System (CMS) yang dapat membantu anda mengelola blog marketing anda dan melacak efektivitasnya. Lebih dari itu, GetCourse juga dapat membuat landing page, mengatur alur form pendaftaran, serta menerima pembayaran.