Faktor penting yang mempengaruhi keterkiriman email adalah reputasi pengirim. Reputasi pengirim adalah seperangkat parameter untuk menilai infrastruktur pengiriman email, kualitas email, dan interaksi pengguna dengan email tersebut. Tidak ada formula penilaian reputasi yang umum untuk semua penyedia email, tetapi ada beberapa parameter utama yang perlu Anda pantau. Untuk mendapatkan reputasi yang sesuai di sisi layanan email, Anda perlu melakukan warm-up domain Anda.
Cara warm-up domain:
Saat mempersiapkan pengiriman email dari domain baru yang belum memiliki reputasi, penting untuk menyiapkan domain dengan benar. Anda harus mulai dengan konfigurasi yang tepat untuk email domain: memilih domain pengirim dan memasukkan catatan SPF dan DKIM jika domain Anda tidak didelegasikan ke server GetCourse. Setelah itu, Anda bisa mulai mengirim email dengan mengikuti aturan berikut:
— kirim email pertama ke tidak lebih dari 1000-3000 alamat per hari;
— perpanjang pengiriman volume email ini selama dua atau tiga jam agar email terkirim secara merata (untuk metode pengiriman ini, GetCourse juga menyediakan throttling);
— tingkatkan volume pengiriman harian sekitar 30% dari hari sebelumnya;
— kirim email secara teratur (setiap hari), sebaiknya pada waktu yang sama;
— pantau statistik harian tentang pembukaan, klik, keluhan, dan data dari Postmaster. Jika indikator menurun — kembali ke awal dan kirim lagi dalam volume yang sangat kecil.
Dengan cara ini, Anda akan secara bertahap mengajarkan platform email bahwa pengiriman email atas nama Anda dari alamat IP ini adalah situasi yang normal, dan memang seharusnya begitu. Hal terpenting selama proses penyiapan adalah secara merata dan terus-menerus meningkatkan volume pengiriman email dan memantau indikator kinerja.
Tabel Rekomendasi Volume Pengiriman Email Harian Berdasarkan Hari
Dari apa reputasi pengirim terdiri?
Parameter teknis dari infrastruktur pengiriman email meliputi:
- Domain pengirim adalah domain sebenarnya dari mana pengiriman terjadi. Untuk GetCourse, ini adalah domain yang email domain Anda dikonfigurasikan:
— Alamat IP pengirim. GetCourse menetapkannya secara otomatis, atau Anda dapat memesan IP khusus untuk pengiriman email Anda;
— Kunci DKIM yang digunakan untuk menandatangani email. Saat mengatur email domain di GetCourse, parameter ini juga dikonfigurasi di pihak penyedia hosting Anda. Jika domain didelegasikan ke server GetCourse, Anda tidak perlu mendaftarkan DKIM secara individu;
— Domain yang disebutkan dalam badan email. Anda dapat memverifikasi domain menggunakan alat analisis daftar pengiriman internal. Dengan alat ini, Anda dapat melihat apakah email Anda mengandung penyebutan domain yang telah masuk daftar hitam oleh layanan tertentu.
Selain parameter teknis, saat menghitung reputasi, interaksi kualitatif pengguna dengan email juga dievaluasi:
— Keluhan spam. Sebaiknya jumlah keluhan tidak melebihi 0,4-0,5% dari total jumlah email yang dikirim. Dampak negatif yang kuat adalah salah satu parameter kunci dalam menilai kualitas pengiriman email pengirim. Anda dapat melihat jumlah keluhan spam di sisi GetCourse, dan juga menggunakan layanan pihak ketiga (misalnya, Postmaster);
— Kesalahan pengiriman. Sebaiknya jumlah kesalahan tidak melebihi 1-3% dari total jumlah pesan. Parameter ini menunjukkan kepada penyedia email bagaimana Anda memantau kualitas daftar penerima Anda dan apakah Anda membersihkannya dari alamat yang sudah tidak aktif dan tidak ada. Dalam statistik pengiriman email di GetCourse, Anda dapat melihat berapa banyak email yang tidak terkirim karena kesalahan.
Untuk menghindari pengiriman ke alamat yang tidak ada atau salah diisi oleh pengguna, Anda dapat menggunakan pengaturan daftar pengiriman dengan mengirimkan surat hanya kepada:
— alamat yang secara sadar ada — alamat dalam sistem ke mana setidaknya satu surat pernah dikirim dianggap sebagai alamat yang ada dalam sistem, dan surat ini dilihat oleh pengguna.
— alamat di mana izin pengiriman diberikan — surat akan dikirim hanya kepada pengguna yang secara eksplisit mengizinkan pengiriman surat menggunakan Double-Opt-In.
GetCourse juga menyediakan fitur untuk otomatis berhenti langganan dari pengiriman email kepada alamat pengguna yang tidak ada. Jika alamat tersebut secara otomatis dianggap tidak benar, maka pesan tidak akan lagi dikirimkan kepada pengguna tersebut.
- Tingkat pembukaan dan klik dalam email — semakin tinggi indikator ini, semakin baik. Anda dapat melacak statistik ini untuk setiap email di sisi GetCourse.
- Penghapusan email — sebelum dibaca (hanya dari daftar email) dan setelah dibaca. Semakin rendah indikator ini, semakin baik. Anda dapat melihat statistik ini, misalnya, di sisi Postmaster.
- Tanggapan terhadap pesan — merupakan faktor yang sangat positif, yang menunjukkan minat tinggi penerima terhadap email yang dikirim. Anda dapat melihat indikator ini dalam statistik pengiriman email di sisi GetCourse.
- Keberadaan spam traps dalam database. Kasus-kasus umum adanya spam traps dalam database pelanggan:
— pengiriman email ke database yang dibeli;
— pengiriman email ke database yang tidak relevan dengan alamat yang sudah usang;
— pengiriman email ke alamat yang salah ketik.
Untuk menghindari spam traps dalam daftar pelanggan, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut:
— menggunakan surat Double Opt-In untuk mengonfirmasi alamat email pengguna;
— membersihkan database dari daftar yang dibeli dan alamat yang tidak relevan;
— mengirim email hanya ke alamat yang ada.
Download our app
Available in
Available in
Kami menggunakan teknologi cookies di situs web kami untuk mempersonalisasi konten dan iklan, menyediakan fitur media, dan menganalisis traffic kami. Dengan menggunakan situs web GetCourse, Anda setuju dengan Kebijakan Privasi kami, Kebijakan Cookie
silakan masuk